k@Borneo k@Borneo - Your Gateway to Knowledge on Borneo
Member's Login

Username:
Password:
Remember me

Kalimantan Tengah

KONDISI GEOGRAFIS/DMOGRAFIS
Provinsi Kalimantan Tengah adalah Provinsi terluas ketiga di Indonesia setelah Provinsi Papua dan Provinsi Kalimantan Timur, dengan luas wilayah mencapai 153.564 kilomenter persegi, hingga Maret 2010 Provinsi Kalimantan Tengah memiliki 13 Kabupaten dan 1 Kota dengan 129 kecamatan, 133 Kelurahan dan 1.350 Desa.

  1. Lokasi dan Luas

    • Secara geografis Provinsi Kalimantan Tengah terletak di garis Kathulistiwa pada posisi 111°-115° Bujur Timur dan 0º45' Lintang Utara -3°30' Lintang Selatan.
    • Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah seluas 153.564 Km2, atau hampir sama dengan satu setengah kali luas Pulau Jawa, Provinsi Kalimantan Tengah Merupakan Provinsi terluas ketiga di Indonesia setelah Provinsi Papua dan Provinsi Kalimantan Timur.
    • Wilayah Kalimantan Tengah terdiri dari hutan 89.168 Km2, semak belukar 37.741 Km2, rawa 11.614 Km2, pertanian dan perkebunan 10.797 Km2, perarairan 1.420 Km2 dan tanah lainnya 2.825 Km2.
  2. Letak dan Wilayah

    • Provinsi Kalimantan Tengah terletak ditengah-tengah Pulau Kalimantan dan dapat dijadikan sebagai titik poros penghubung atau interconnection antara provinsi-provinsi lainnya di pulau Kalimantan dan juga berhadapan langsung dengan laut/pulau Jawa.
    • Secara administrative, Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki batas wilayah sebagai berikut : sebelah utara berbatasan dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat; sebelah timur berbatasan dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan; sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa; sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat.
  3. Topologi, Iklim, Hidrologi dan Geologi

    • Sebagian besar wilayah Provinsi Kalimantan Tengah merupakan dataran rendah. Ketinggian berkisar antara 0 sampai dengan 150 meter dipermukaan laut (dpl). Kecuali sebagian kecil wilayah utara merupakan daerah perbukitan dimana terbentang pegunungan Muller-Schwanner dengan puncak tertingginya (Bukit Raya) mencapai 2.278 meter dpl.
    • Karakteristik iklim Provinsi Kalimantan Tengah adalah beriklim tropis lembab dan panas dengan klasifikasi Kopen Afa. Suhu udara rata-rata setahun 29° Celcius dan maksumum 33° Celcius. Curah hujan rata—rata setahun 2.732 milimeter dengan rata-rata hari hujan 120 hari. Kalsifikasi curah hujan Schmidt dan Ferguson adalah tipe-A(Q=14,3%) dan tipe-B(Q=33,3%), makin ke utara curah hujan semakin tinggi.
    • Salah satu ciri khas wilayah Kalimantan Tengah adalah hampir seluruhnya dialiri oleh sungai besar maupun kecil yang mengalir dari Utara ke Selatan dengan bermuara di Laut Jawa. Dengan sebelas sungai besar dan tidak kurang dari 33 sungai kecil atau anak sungai merupakan potensi alam yang dapat dikembangkan untuk berbagai keperluan.
    • Secara geologis, Kalimantan Tengah terdiri atas satuan batuan beku (25%), batuan sedimen (65%) dan batuan metamorf (10%). Ketiga satuan batuan ini mengandung potensi bahan galian tambang yang beragam. Satuan batuan beku terdapat di bagian utara Kalimantan Tengah dan dikenal sebagai "Borneo Gold Belt", menyimpan potensi emas dan perak serta beberapa jenis logam dasar.
    • Satuan bahan sedimen tediri dari atas tiga cekungan besar masing-masing Cekungan Barito, Cekungan Melwani dan Cekungan Kutai.
    • Ketiga cekungan ini mengandung bahan minyak dan gas bumi, batubara, logam mulai dan logam dasar sekunder.
  4. Kependudukan

    • Setelah dilaksanakan Sensus Penduduk di Kalimantan Tengah pada tahun 2010 Jumlah penduduk di Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 2.202.599 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk bila dibandingkan dengan luas wilayah Kalimantan Tengah tergolong tidak padat yaitu 14 juta jiwa/km2.